Bermain Musik Di Alam Terbuka Ala Komunitas Suropati Chamber

Bermain Musik Di Alam Terbuka Ala Komunitas Suropati Chamber

Author: 
lila

Belajar dan bermain musik di taman kota merupakan suatu keunikan tersendiri. Di Jakarta terdapat satu komunitas yang menjadikan taman untuk bermain musik, komunitas ini bermain musik di Taman Suropati Menteng. Komunitas yang dikenal dengan nama Suropati Chamber ini didirikan oleh Agustinus Esthi Dwiharso atau yang lebih akrab disapa Mas Ages pada tahun 2006.

Ide untuk mendirikan komunitas musik di taman kota didapatkan Ages saat mengikuti workshop kroncong di Den Haag Belanda. Di Belanda Ages menyaksikan beberapa pemain musik memainkan musik di taman kota, dan saat itu terpikir olehnya untuk menerapkan hal tersebut di Indonesia.

Suropati Chamber adalah komunitas panggiat musik khususnya biola. Selain biola instrument yang digunakan komunitas ini adalah Viola, Cello, Flute serta Gitar. Pendirian komunitas ini merupakan bentuk kepedulian Ages akan pentingnya pelestarian budaya bangsa khususnya lagu-lagu daerah.

Saat ini komunitas Suropati Chamber memiliki sekitar 150 orang anggota dan berlatih secara rutin setiap hari minggu. Selain belajar mereka juga mempunyai prestasi karena mereka juga harus pentas dan ikut mengisi acara dibeberapa tempat. Komunitas Suropati Chamber juga memperoleh penghargaan rekor MURI pada tahun 2010 sebagai The First Music Community in the Park.

*diambil dari berbagai sumber