Industri Kreatif Yang Terus Tumbuh dan Berkembang

Industri Kreatif Yang Terus Tumbuh dan Berkembang

Author: 
lila

Industri kreatif terus berkembang dan diminati para pemula untuk memulai bisnis atau usaha. Sebagai contoh, industri busana dari batik yang merupakan bagian dari industri kreatif yang akhir-akhir ini terus tumbuh dan berkembang.

Tahun 2012, industri kreatif secara nasional menyumbang sekitar 7 persen atau Rp 574 triliun terhadap produk domestik bruto dan menampung 11,8 juta pekerja dengan jumlah usaha mencapai 5,4 juta unit usaha. Dari jumlah itu, industri busana memberikan kontribusi Rp 164 triliun dan menyerap 3,8 juta pekerja.

Untuk menggairahkan industri kreatif di Banyuwangi, Pemerintah Banyuwangi menggelar Festival Batik. Festival batik itu sebagai stimulus untuk menggairahkan industri kreatif, khususnya industri fashion di daerah karena ada sejumlah perancang, pelaku industri dan pemerhati batik nasional hadir, kata Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, seperti dikutip dari Antara News.

Kami menghubungkan perajin batik lokal dengan industri fashion nasional sehingga festival batik ini akan menjadi penanda penting bagi masa depan industri batik di Banyuwangi. Busana termasuk industri batik adalah bagian dari sektor industri kreatif yang dewasa ini tumbuh pesat, katanya.

Ada tiga kekuatan yang harus terus didorong dalam pengembangan industri kreatif di daerah, termasuk batik, yakni kemampuan melakukan "branding" (pengelolaan merek), pengemasan, dan desain produk, ujar Anas.

Sumber : www.indovasi.or.id